Membangun Mindset Positif: Kunci Penting dalam Kesuksesan

Membangun Mindset Positif adalah kunci kesuksesan. Langkah awal perjalanan meraih kesuksesan Anda dimulai dengan mindset yang positif terlebih dulu.

Membangun mindset yang positif adalah kunci penting untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan.

Banyak orang yang tahu hal ini, tetapi hanya sedikit orang yang bisa mempunyai mindset atau cara berpikir yang positif.

Tidak percaya? Coba ingat kembali apa yang Anda pikirkan ketika melihat orang lain sukses.

Jika Anda berpikir atau sampai berkata, “Wah pasti punya privilege atau anak orang kaya nih..” Atau “Pasti dia korupsi atau punya kenalan orang dalam..” Atau apapun perkataan & pikiran negatif lainnya, Anda secara tidak langsung sudah membuktikan Anda punya mindset yang negatif.

Mengapa Sulit Membangun Mindset Positif?

Mengapa sulit sekali bagi kita untuk melihat orang lain sukses tanpa berpikiran negatif tentang orang itu? Mungkin karena jauh di dalam lubuk hati kita, kita ingin sukses seperti dia.

Tapi saat kita melihat orang itu dan melihat kembali pada diri kita, kita memulai proses membandingkan diri dengan orang lain. Hasilnya, kita bukan lagi melihat atau menganalisa apa kira-kira usaha yang dilakukannya, kita malah men-judge diri kita mengapa tidak bisa sehebat dia.

Ini adalah proses merusak diri yang menyedihkan. Anda dan saya, masing-masing kita diciptakan dengan potensi diri yang hebat dan luar biasa. Yang perlu kita lakukan adalah membangun potensi tersebut, menjadi seorang ahli di suatu bidang dan menghasilkan karya yang membanggakan dan memuaskan diri kita.

Tapi saat kita terlalu banyak melihat apa yang dimiliki orang lain dan tidak kita miliki, kita jadi membenci diri kita sendiri. Dan kita mulai mengeluh, “Mengapa saya tidak bisa menjadi seperti dia, mengapa saya lahir di keluarga miskin, mengapa saya tidak begini, begitu, bla bla bla..”

Mengeluh dan mengasihani diri memang nyaman. Lebih mudah dan lebih sexy untuk dikatakan pada orang lain sebagai alasan mengapa Anda tidak bisa sukses selain daripada “Saya tidak mau bekerja keras”.

Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak sekali orang memiliki mindset yang buruk, yang rusak dan yang negatif. Karena kita sendiri yang membangunnya dan memeliharanya.

Lucu bagaimana kita bisa konsisten pada hal yang negatif sementara satu hal positif saja diminta dari kita, dan otak kita akan segera memikirkan berjuta alasan mengapa kita tidak bisa melakukannya.

Semua orang ingin sukses, sampai mereka melihat dan merasakan apa yang harus dilakukan untuk bisa sukses dan akhirnya menyerah terlalu cepat.

Mungkin Anda tidak sadar sebelumnya, bahwa ada beberapa halangan berupa pikiran atau mindset block yang dapat menghambat jalan Anda menuju kesuksesan.

Mari kita lihat apa saja yang dapat menghambat pola pikir atau apa mindset block itu.

3 Jenis Mindset Block

Mindset Block yang pertama adalah ketakutan. Rasa takut muncul sebagai mekanisme otak untuk melindungi diri dari bahaya. Tapi penting bagi kita untuk mencermati lebih dulu tentang bahaya yang sebenarnya dari suatu kasus.

Contohnya, bahaya yang ditimbulkan dari meloncat dari sebuah gedung tinggi dengan bahaya dari memulai suatu bisnis tentu sangat berbeda jauh. Loncat dari gedung tinggi, Anda bisa mengalami kematian sementara di sisi yang lain, memulai usaha mungkin memiliki resiko bisnis Anda tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tanyakan ini pada diri Anda saat rasa takut mulai merayap di sekujur tubuh Anda:

“Apa hal paling buruk yang dapat terjadi? Jika saya mencobanya dan ini tidak berhasil, saya mungkin akan sedih, tapi itu tidak akan membawa saya pada kematian. Itu bagus, jadi apa resikonya?”

Mindset block yang kedua adalah sabotase diri. Pernahkah Anda berpikir bahwa kesuksesan sepertinya diluar jangkauan Anda? Bahwa mungkin impian yang besar tidaklah menjadi kenyataan untuk orang seperti Anda?

Pikiran seperti ini kemudian membuat Anda sungkan untuk berusaha karena pada ujungnya juga sia-sia. Anda menunda dan diam di zona nyaman agar Anda tetap aman. Anda tidak sadar bahwa Anda sedang menyabotase diri Anda sendiri.

Tidakkah Anda mempunyai suatu pengalaman dimana Anda berhasil sebelumnya? Saya yakin Anda pasti menemui kesulitan pada masa itu, tapi Anda tetap berusaha. Apa yang membuat Anda tidak mau mengalah? Bagaimana Anda berhasil menang? Ganti pikiran negatif dengan memutar kembali cerita keberhasilan itu di kepala Anda.

Mindset block yang ketiga adalah overthinking. Banyak orang selalu menunggu waktu yang sempurna untuk memulai. Mereka menunggu semua hal yang diperlukan siap terlebih dahulu agar mereka bisa mulai.

Meskipun tujuan Anda berada di depan, melihat terlalu jauh kedepan adalah sebuah kesalahan. Melakukannya membuat Anda kehilangan fokus dari langkah kecil yang harus segera diambil dan membuat Anda kebingungan.

Tiba-tiba semuanya terlihat begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, terlalu banyak hal untuk Anda pelajari, terlalu banyak hal yang tidak Anda ketahui. Jadi Anda berhenti dan tidak pernah melakukan sesuatu.

Mulailah dengan apa yang bisa segera Anda lakukan. Sebagaimana orang tidak membangun rumah dengan langsung fokus pada atapnya, melainkan memulai dari fondasi, demikian juga dengan usaha Anda.

Setiap langkah kecil yang Anda ambil akan membangun sebuah momentum yang akan membawa Anda semakin hari semakin dekat pada tujuan Anda. Yang terpenting, adalah jangan berhenti. Buatlah kemajuan, sekecil apapun tidak masalah.

Membangun Mindset Positif

Setelah kita melihat tiga jenis mindset block, sekarang saatnya kita melihat beberapa cara untuk membangun mindset yang positif.

1. Mulai hari dengan kalimat afirmasi positif

Cara Anda memulai pagi Anda akan menentukan mood sepanjang hari Anda. Pernahkah Anda bangun pagi telat, panik dan merasa bahwa hari Anda berjalan dengan buruk?

Ini karena Anda memulai hari Anda dengan perasaan negatif dan pesimis yang terbawa pada semua aktivitas Anda sepanjang hari. Jangan biarkan itu menguasai Anda, dan mulailah hari Anda dengan afirmasi positif.

Berdiri di depan cermin dan katakan – walaupun pada awalnya Anda akan merasa kaku – “Saya bahagia, saya sehat, saya sukses” atau “Hari ini adalah hari yang indah”, dan kalimat afirmasi positif lainnya. Anda akan terkejut melihat perubahan pada hari-hari Anda.

2. Fokuslah pada hal positif, tidak peduli seberapa kecil.

Saat Anda menghadapi tantangan, sesulit apapun, berusahalah untuk fokus pada manfaat atau hikmah dibalik rintangan yang Anda alami. Tidak peduli seberapa kecil atau tidak penting kelihatannya.

Misalnya, saat Anda terjebak macet, alih-alih mengeluh pikirkan betapa sekarang Anda mempunyai waktu untuk mendengarkan podcast favorit Anda.

3. Ubah kegagalan menjadi pelajaran.

Anda tidak sempurna. Dan sebagaimana manusia tidak sempurna lainnya, Anda akan membuat kesalahan dan merasakan kegagalan dalam berbagai kesempatan dalam perjalanan hidup Anda.

Daripada fokus pada kegagalan, pilihlah untuk melihat pelajaran apa yang Anda dapatkan. Jika mungkin, tuangkan itu dalam bentuk aturan yang konkrit.

Misalnya, jika sebelumnya Anda gagal karena supplier yang menyalahi perjanjian, Anda bisa membuat sebuah kontrak dan memasukkan klausal tertentu dalam kontrak yang akan memberikan Anda keamanan lebih baik kedepannya.

4. Ganti tutur kata negatif menjadi positif.

“Dih.. bego banget sih gue.”

Kata-kata ini atau yang serupa dengan ini mungkin pernah Anda katakan pada diri Anda sendiri. Mungkin menurut Anda, mengucapkan kalimat seperti ini bukanlah suatu hal yang perlu dipusingkan.

Tapi kalimat ini diucapkan berulang-ulang akan masuk ke pikiran bawah sadar Anda dan membentuk pemikiran bahwa Anda benar-benar apa yang Anda katakan.

Lain kali saat Anda sadar dengan apa yang Anda katakan, segera berhenti dan ganti kalimat yang negatif menjadi kalimat positif. Contohnya, “Bego banget sih gue” dapat Anda ganti dengan “Setelah saya belajar lebih banyak, saya akan lebih baik dalam hal ini.”

5. Temukan teman atau mentor yang positif.

Saat Anda mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif, Anda akan mendapatkan pandangan positif, cerita-cerita positif, dan afirmasi positif.

Kata-kata positif mereka akan mengubah cara berpikir dan membantu Anda membangun mindset yang positif untuk diri Anda sendiri, mengubah kata-kata Anda, dan akan menarik Anda berkontribusi pada yang lain.

Jika menemukan orang-orang yang positif dalam pergaulan Anda sulit dilakukan, Anda bisa mencari orang-orang dengan mindset positif yang dapat Anda temukan di media sosial, atau dari buku yang mereka tulis.

Konsumsi konten mereka setiap hari dan jika kesempatannya memungkinkan, bangun hubungan dengan mereka baik melalui media sosial seperti DM Instagram, ataupun melalui seminar, workshop atau webinar yang mereka lakukan.

Kesimpulan

Kunci penting dan langkah awal untuk meraih kesuksesan dalam bidang apapun adalah mindset yang benar.

Daripada menghabiskan waktu dengan mengagumi atau nyinyirin kesuksesan orang lain, lebih baik investasikan waktu Anda untuk mulai perjalanan meraih sukses dengan membangun mindset positif dan segera mulai langkah pertama Anda.

Sukses selalu buat Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *