Cara Membangun Disiplin Diri

Mengapa membangun disiplin diri itu penting?

Beberapa waktu yang lalu, lewat polling yang dilakukan di akun Instagram @motivasi.pebisnis, ternyata banyak yang merasa membangun disiplin diri adalah hal yang sulit.

Padahal, sikap disiplin diri sangat penting dan dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam bidang apapun dalam hidup.

Tidak percaya? Bayangkan jika Anda ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot, apakah melakukan diet atau olahraga 1-3 hari saja sudah cukup untuk mengurangi berat badan dan membentuk otot sixpack yang kencang? Tentunya tidak.

Hal yang sama juga dibutuhkan saat Anda merintis bisnis atau usaha, apakah dengan hanya membuat toko online dan posting produk jualan Anda sekali atau dua kali sudah cukup untuk membuat usaha Anda kebanjiran omset? Silahkan Anda jawab sendiri.

Sebagaimana banyak hal besar lainnya dalam hidup ini, membangun bisnis yang sukses atau menurunkan berat badan memerlukan waktu dan proses. Proses yang akan membawa pada tujuan ini hanya dapat dijalani jika kita menerapkan disiplin diri untuk melakukannya.

Baca juga : Contoh Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Online Shop Anda

Bagaimana cara membangun disiplin dalam diri?

Membangun disiplin diri memang tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin.

Sedikit tips untuk Anda, jangan mempunyai mindset yang selalu berpikir bahwa sesuatu akan sulit dan menyusahkan. Karena otak Anda akan menghindari sesuatu yang sulit dan berusaha kabur sejauh mungkin dari melakukannya.

Sebaliknya, berpikirlah bahwa sesuatu mungkin dan mudah, saat ini kita hanya belum mengetahui caranya. Sama seperti bagaimana caranya membangun disiplin diri yang akan kita bahas kali ini.

1. Tentukan tujuan Anda.

Salah satu pengertian disiplin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah, “ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya)”.

Untuk mengetahui peraturan atau tata tertib apa yang harus dipatuhi, tentunya kita harus menentukan dulu tujuan kita. Misalnya, tujuan kita adalah menurunkan berat badan sebanyak 5 kilogram dalam waktu delapan minggu.

Untuk mencapai tujuan diatas, kita membuat beberapa peraturan seperti: minum air putih lebih sering, olahraga lebih rutin, mengatur pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayuran lebih sering serta mengurangi makan gorengan, dan lain sebagainya.

Jadi, untuk membangun disiplin diri, pada tahap awal hal yang dibutuhkan adalah Anda perlu menentukan tujuan, dan membuat beberapa peraturan atau langkah-langkah yang harus dipatuhi untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Mulai dari hal yang mudah terlebih dahulu.

Sekarang kita sudah punya tujuan dan punya beberapa peraturan untuk kita ikuti. Untuk menjamin kepatuhan Anda, kita perlu membuat mengikuti peraturan yang kita buat jadi mudah dilakukan.

Terlebih lagi jika peraturan yang Anda buat adalah benar-benar aktivitas baru yang jarang Anda lakukan.

Melanjutkan contoh diatas misalnya, untuk memudahkan Anda minum air putih lebih sering, Anda bisa mulai dengan menyiapkan sebuah botol air minum yang terisi penuh dengan air putih dan membawanya kemanapun Anda pergi.

Kapanpun Anda merasa haus, Anda dapat meminum air putih dari botol minuman yang Anda bawa itu. Biasakan diri Anda selama beberapa waktu kedepan, dan minum air putih lebih sering sudah menjadi hal yang lumrah bagi Anda.

Dengan membuat hal-hal yang harus Anda lakukan menjadi mudah, Anda akan lebih senang melakukannya dan cenderung lebih disiplin untuk mengikutinya.

3. Jangan menunda.

Ketika memulai sesuatu, sebisa mungkin jangan menunda untuk melakukannya. Ingat bahwa semakin lama Anda menunda sesuatu, semakin jauh tujuan Anda berada.

Bayangkan betapa bahagianya Anda saat melihat tujuan Anda tercapai. Resapi apa yang akan Anda lihat, dengar dan rasakan ketika impian Anda terwujud. Lihat dalam imajinasi Anda bagaimana orang disekitar Anda turut berbahagia dan bangga karena Anda telah berhasil.

Sangat menyenangkan, bukan? Sekarang masih maukah Anda menunda-nunda untuk mewujudkan impian Anda? Maukah Anda, saat tua nanti, hidup dalam penyesalan karena tidak pernah berusaha mencapai potensi terbaik Anda? Silahkan Anda renungkan sendiri.

4. Sabar dan lakukan variasi untuk menikmati prosesnya.

Sekarang mungkin hari ke-45 Anda dengan disiplin patuh mengikuti peraturan yang Anda buat untuk mencapai tujuan Anda, dan Anda mulai merasa bosan.

Saat Anda mulai terbiasa melakukannya, mungkin Anda akan merasa bosan dan tidak termotivasi melakukannya lagi. Saat ini menimpa Anda, coba lakukan variasi dari peraturan yang Anda ikuti.

Misalnya aturan untuk minum air tadi, jika Anda sudah bosan dengan rasa air putih yang begitu-begitu saja, Anda bisa membuat infused water dengan menambahkan potongan-potongan buah seperti jeruk, atau sayur seperti ketimun untuk memberikan variasi pada rasa air minum Anda.

Banyak cara dapat Anda coba untuk memberikan semangat ekstra agar tetap berada di jalur yang sedang Anda ikuti. Jika Anda merasa kurang kreatif untuk memikirkannya, Anda bisa mengetikkannya di mesin pencari seperti Google.

Baca juga : 15 Kalimat Afirmasi Positif Untuk Dikatakan Pada Dirimu Setiap Hari

Kesimpulan

Banyak orang merasa kesulitan untuk membangun disiplin diri karena disiplin dianggap membatasi kebebasan mereka. Padahal, disiplin penting karena Anda tidak bisa mengharapkan untuk selalu termotivasi saat melakukan sesuatu, sementara kesuksesan memerlukan waktu dan proses untuk mencapainya.

Ingat untuk menetapkan tujuan Anda, mulai dari yang mudah terlebih dahulu, berhenti menunda dan segera bertindak, serta sabar dan melakukan variasi agar bisa menikmati proses perjalanan membangun disiplin diri Anda. Semoga bermanfaat!

P.S. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan simak artikel bermanfaat lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *